Bahasa indonesia
(1) Sebagai salah satu
negara dengan hutan terluas di dunia, Indonesia menjadi incaran investor
kegiatan ekonomi ekstraktif. (2) Kini luas hutan di Indonesia yang mengalami
deforentasi atau penggundulan dan degradasi atau penurunan kualitas tutupan
hutan mencapai 56 juta hektar. (3) Perbaikan hutan pada tahun ini diharapkan
dapat mencapai 1 juta hektar. (4) Akan tetapi, itubergantung pada anggaran. (5)
Tahun ini Departemen Kehutanan mengajukan anggaran Rp 8,5 trilyun ke Departemen
Keuangan.
1.
Ide pokok paragraf di atas adalah......
a.
Penggundulan dan perbaikan hutan
b.
Luas hutan di indonesia
c.
Keadaan hutan indonesia
d.
Anggaran perbaikan hutan
e.
Penurunan kualitas hutan tutupan
2.
Kalimat fakta dalam paragraf di atas terdapat pada nomor...
a.
(1) dan (2)
b.
(1) dan (3)
c.
(2) dan (3)
d.
(2) dan (5)
e.
(3) dan (5)
(1) Salah satu faktor penghambat perkembangan
jumlah pemakai internet di komunitas sekolah dan kampus adalah infrastruktur
(perangkat dan jaringan) dan tarif yang dirasakan masih cukup tinggi. (2) Dana
untuk pengadaan infrastruktur dan berlangganan terkadang tidak dapat
ditanggulangi sekolah termasuk orang tua murid sehingga perlu ada insentif
khusus dari Telkom. (3) Program insentif khusus akses komunitas sekolah diberi
nama TelkomNet sekolah. (4) Internet sebagai media penyebaran informasi global
dirasakan manfaatnya sejak pertengahan dasawarsa 90-an. (5) Ragam yang sejalan
dengan program sosialisasi penggunaan internet ini memberikan diskon sebesar 40
persen dari pemakaian normal akses TelkomNet Instant.
3.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor........
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
4.
Kalimat penjelas yang tidak mendukung paragraf tersebut terdapat
pada nomor....
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
5.
Bacalah paragraf berikut dengan
seksama!
Jumlah angkatan kerja yang meningkat setiap tahun merupakan
keuntungan sekaligus sebagai tantangan bagi pemerintah dan bangsa Indonesia
dalam melaksanakan pembangunan nasional. Menurut pendapat para ahli bahwa
manusia sebagai sumber potensial merupakan salah satu modal dasar pembangunan,
yaitu sebagai motor penggerak dalam mekanisme kerja dalam proses produksi,
serta sebagai sasaran dan hasil produksi itu sendiri.
Opini (pendapat) yang terdapat dalam paragraf di atas adalah …
a.
Jumlah angkatan kerja yang
meningkat.
b.
Setiap tahun merupakan
keinginan dan sekaligus sebagai tantangan.
c.
Melaksanakan pembangunan
nasional.
d.
Manusia sebagai sumber potensi
merupakan salah satu modal dasar pembangunan.
e.
Sebagai sasaran dan hasil
produksi itu sendiri.
6.
Bacalah wacana berikut dengan
saksama!
Bendungan di Desa Jatirogo ini tidak ada duanya di Indonesia. Tubuh
bendungan tersebut dari bantalan karet berisi air. Karena terbuat dari karet,
tinggi permukaannya bisa diatur secara fleksibel. Bila terjadi banjir, bantalan
karet itu dikempiskan. Dan air bah lancar mengalir ke laut. Sebaliknya, bila volume
air sungai mengecil, tubuh bendungan diisi penuh, sehingga tingginya mencapai 3
m. Sungai terbendung dan airnya dimanfaatkan sebagai air minum dan irigasi.
Pada saat yang sama, air pasang dari laut akan terhambat dan tak mencemari
sungai yang menjadi sumber utama air tawar masyarakat di sekitar sungai.
Simpulan isi wacana di atas adalah…
a.
Bendungan dari bantalan karet
dapat membendung sungai.
b.
Bendungan dari bantalan karet
sangat bermanfaat.
c.
Bendungan dari bantalan karet
dapat mengalirkan air.
d.
Pemanfaatan air melalui
bendungan bantalan karet.
e.
Bendungan bantalan karet dapat
diisi dengan air.
7.
(1) Menurut seornag
pengembang, pengembangan agrobisnis dan agroindustri merupakan tuntutan
perkembangan logis. (2) Pengembangan telah dilanjutkan sebagai wujud
kesinambungan penganekaragaman dan pengalaman pertanian. (3) Telah pula
dilaksanakan pengembangan di beberapa wilayah. (4) Hasil yang dicapai
mengesankan dan memuaskan.
Kalimat pernyataan di atas yang berupa opini
terdapat pada nomor …
a.
(1) dan (4)
b.
(1) dan (3)
c.
(2) dan (3)
d.
(1) dan (2)
e.
(3) dan (4)
8.
Telepon genggam sudah
banyak dimiliki masyrakat bahkan dalam sebua keluarga, hampir semua anggota
keluarga memilikinya. Di samping memang sudah merupakan alat komunikasi yang
mudah dibawa-bawa, pengoperasian telepon pun tidak sulit dan harga terjangkau
pula. Ada kemungkinan perkembangan alat ini pesat sekali karena hal-hal
tersebut. Ditambah pula karena muncul variasi bentuk, merek, dan model baru.
Oleh sebab itu, sekarang barang-barang tersebut sudah dianggap bukan barang
mewah lagi.
Pola pengembangan paragraf tersebut adalah …
a.
Eksposisi
b.
Narasi
c.
Deskripsi
d.
Argumentasi
e.
Persuasi
9.
Bacalah Paragraf berikut dengan
saksama!
Setelah diadakan peninjauan ke desa Bungkal, diketahui kepemilikan
MCK (Mandi Cuci Kakus) di RT 04 tinggal satu orang yang belum memiliki MCK. Itu
berarti kepemilikan MCK di RT 04 sudah mendekati 100%. Di RT 01dan 02 sudah 92%
rumah penduduk memiliki MCK. Sedangkan di RT 03 rumah penduduk 91% telah
memiliki MCK.
Kalimat
kesimpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf generalisasi tersebut adalah…
a.
Boleh dikatakan penduduk di
desa Bungkal sudah modern.
b.
Jadi, penduduk desa Bungkal
tidak perlu mendapat bantuan pembangunan MCK.
c.
Dengan demikian, penduduk di
desa tersebut perlu mendapat penghargaan.
d.
Memang rumah-rumah penduduk
desa Bungkal sudah memenuhi sanitasi.
e.
Jadi persentase kepemilikan MCK
penduduk desa Bungkal sudah diatas 90%.
10.
Sejak
pertama kali bencana gempa bumi dan gelombang tsunami melanda Nanggroe Aceh
Darussalam dan Sumatera Utara, tanggal 26 Desember 2004, kita lihat besarnya
kepedulian masyarakat. Tanpa ada yang mengomando, masyarakat berbondong-bondong
memberikan bantuan baik dalam bentuk barang, uang, dan juga tenaga.
Lalu,
apa yang harus dilakukan pemimpin nasional melihat keadaan yang begitu baik
ini? Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sepantasnya tampil menyampaikan sebuah
pidato nasional - yang minta dipancarkan oleh seluruh stasiun televisi dan
radio – untuk mengucapkan terima kasih kepada seluruh bangsa ini.
Kita
tidak hanya harus berterima kasih kepada bangsa asing yang memberikan bantuan,
tetapi juga kepada bangsa sendiri. Sejak 26 Desember lalu, seluruh rakyat sudah
memperlihatkan solidaritas yang sangat luar biasa.
Setelah
tiga minggu lebih hal itu berlangsung, kita belum mendengar asprasi pimpinan
negara kepada warga bangsa ini. Padahal, sekali lagi, mereka pnatas mendapatkan
itu, karena secara langsung mereka menunjukkan bahwa kita masih berada dalam
satu kelurga besar, bangsa Indonesia.
Isi tajuk rencana tersebut adalah …
a.
Penulis merasa bangga
terhadap bangsa Indonesia yang telah membantu korban gempa bumi dan gelombang
tsunami Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara tanpa dikomandoi.
b.
Bangsa Indonesia telah
membanu korban gempa bumi dan gelombang tsunami Nanggroe Aceh Darussalam dan
Sumatera Utara, tanggal 26 Desember 2004 dengan semangat sukarela.
c.
Penulis mengharapkan
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono megucapkan terima kasih kepada bangsa
Indonesia yang telah membantu korban gempa bumi dan gelombang tsunami.
d.
Presiden Susilo Bambang
Yudhoyono telah megucapkan terima kasih kepada bangsa asing yang telah membantu
korban gempa bumi dan gelombang tsunami, tanggal 26 Desember 2004.
e.
Bangsa Indonesia harus
mengambil hikmah dari musibah gempa bumi dan gelombang tsunami Nanggroe Aceh
Darussalam dan Sumatera Utara, tanggal 26 Desember 2004 yang lalu.
11.
Opini penulis dalam
tajuk rencana tersebut adalah …
a.
Musibah gempa bumi dan
gelombang tsunami hendaknya dijadikan cotoh agar kita tidak melupakan Tuhan
sebagai pencipta bumi ini.
b.
Hendaknya kita bangsa
Indonesia bahu-membahu membantu korban gempa bumi dan gelombang tsunami tanpa
dikomandoi.
c.
Kita tidak hanya
berterima kasih kepada bangsa asing yang memberikan bantuan, tetapi juga kepada
bangsa sendiri yang telah membantu korban.
d.
Masyarakat Indonesia
hendaknya membantu pada korban gempa bumi dan gelombang tsunami Nanggroe Aceh
Darussalam dan Sumatera Utara.
e.
Bangsa Indonesia yang
belum memberikan bantuan kepada korban secara material dapat memberikan bantuan
berupa tenaga.
12.
Sudut pandang penulis
dalam tajuk rencana tersebut adalah …
a.
Bencana gempa bumi dan
gelombang tsunami
b.
Jumlah korban benca
gempa dan tsunami
c.
Bantuan warga Indonesia
terhadap bencana
d.
Apresiasi presiden
terhadap bangsa Indonesia
e.
Pidato presiden tentang
gempa dan tsunami
13.
Bacalah kutipan tajuk rencana
berikut dengan saksama!
…….perencanaan gerakan hemat air dan sekaligus berarti berdisiplin
dalam penggunaan air di Surabaya menjadi amat relevan. Disiplin dalam
penggunaan air bersih harus dilihat sebagai semacam kesetiakawanan sosial.
Sebab dengan kita berdisiplin menggunakan air bersih berarti memberikan peluang
kepada anggota masyarakat lainnya yang selama ini kesulitan air untuk
berkesempatan menikmati air bersih.
Pernyataan
yang berupa pendapat penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah…
a.
Sejumlah anggota masyarakat
dengan semena-mena menggunakan air.
b.
Kesulitan air yang menimpa
sebagian besar penduduk hendaknya dapat ditarik maknanya.
c.
PDAM harus terus berjuang keras
untuk meningkatkan suplai air bersihnya.
d.
Sebaiknya penduduk menggunakan
air sumur dengan memperhatikan peruntukannya.
e.
Masyarakat harus berdisiplin
dalam penggunaan air bersih karena hal ini dapat mencerminkan kestiakawanan
sosial.
14.
Sistem ujian SD/MI tahun 2008 dinamakan ujian nasional yang
terintegrasi denganujian sekolah. Ini adalah jalan tengah, mempersiapkan sekolah
beradaptasi denganUN yang menetapkan peserta didik harus lulusBahasa Indonesia,
Matematika, danIPA. Jalan tengah itu diharapkan menghentikan protes
penyelenggaraan UN tingkat SD setelah pemerintah berseikeras pantang mundur dan
menyelenggarakan UN jenjang SLTP dan SLTA. Protes selama ini berisi UN tidak
bisa dipakai untuk memetakan kondisi praktis pendidikan. UN hanya memotret
sesaat, apalagi kemudian ternyata siswa didril dengan tiga mata pelajaran yang
diujikan nasional, sebab sekolah mengharapkan sebanyak mungkin lulus. Pemetaan
mesti ditempatkan dalam konteks proses dan bukan diorientasikan pada hasil
saja. (Kompas,12 November 2007)
Simpulan
yang tepat isi tajuk rencana di atas adalah…
a.
Ujian nasional yang
terintegrasi dengan ujian sekolah adalah jalan tengah yang diharapkan
menghentikan protes penyelenggaraan UN tingkat SD.
b.
Ujian nasional yang
terintegrasi dengan ujian sekolah mempersiapkan sekolah beradaptasi dengan UN
yang menetapkan peserta didik harus lulus Matematika, IPA, Bahasa Indonesia.
c.
Protes selama ini berisi UN
tidak bisa dipakai untuk memetakan kondisi praktis pendidikan yang hanya
memotret sesaat, apalagi kemudian ternyata siswa didril dengan tiga mata pelajaran
yang diujikan.
d.
UN hanya memotret sesaat dimana
siswa hanya didril dengan tiga mata pelajaran yang diujikan nasional sementara
sekolah mengharapkan sebanyak mungkin lulus.
e.
Pemerintah bersikeras pantang
mundur menyelenggarakan UN jenjang SLTP dan SLTA dan SD meski protes selama ini
berisi UN tidak bisa dipakai untuk memetakan kondisi praktis pendidikan.
15.
Bacalah paragraf berikut dengan
saksama!
Untuk mengisi akhir tahun pelajaran, OSIS SMA Negeri 2 Madiun
merencanakan untuk mengadakan karya wisata ke beberapa objek. Dalam rapat,
ketua OSIS merencanakan kunjungan ke Bandung dan Pantai Kuta di Bali. Hal ini
telah disesuaikan dengan program sekolah.
Tanggapan yang tepat terhadap rencana tersebut adalah…
a.
Menurut pendapat saya, kedua
tempat itu berbeda arahnya. Sebaiknya kita pilih saja satu diantaranya.
b.
Buat apa kita ke Pantai Kuta?
Pantai yang dekat saja ada, misalnya Parangtritis di Yogyakarta.
c.
Saya setuju saja karya wisata
ke kedua tempat tersebut asal biaya ditanggung oleh sekolah.
d.
Saya tidak setuju dengan acara
itu. Waktu liburan sebaiknya kita beristirahat di rumah.
e.
Saya mengusulkan agar objek
wisatanya ditambah beberapa tempat lagi di daerah kita sendiri, di Jawa Timur.
16.

Dari grafik di atas dapat disimpulkan bahwa …
a.
Prestasi siswa dari
tahun ke tahun tidak meningkat
b.
Prestasi siswa naik
sedikit demi sedikit
c.
Dari tahun ke tahun
prestasi siswa meningkat kecuali tahun 1997
d.
Prestasi siswa tidak
pernah turun
e.
Prestasi siswa menurun
pada tahun 1998
17.
Perhatikan tabel berikut ini!
Kalimat yang sesuai
dengan isi tabel adalah …
a.
Kalimantan memiliki danau lebih
luas dibanding Sumatera.
b.
Lahan perairan paling sedikit
berada di wilayah Maluku dan Irja.
c.
Jawa masih memiliki luas sungai
lebih kecil dibanding Maluku dan Irian Jaya.
d.
Kalimantan memiliki sungai
lebih sedikit dibanding Bali dan Nusa Tenggara.
e.
Bali dan Nusa Tenggara memiliki
perairan lebih besar dibanding Maluku dan Irian Jaya .
18.
“Mohammad-San
inilah rumahku.”, Toshihiko berkata kami sampai di depan sebuah rumah kayu yang
sederhana. Lalu berteriak, “Ibu! Ibu! Inilah tamu yang kita tunggu. Lihatlah,
seorang Indonesia yang tersesat di kebun anggur Katsunuma. Bukankah ini suatu
kehormatan bagi kita?”
Watak Toshihiko dalam kutipan cerpen tersebut adalah
…
a.
Ramah, baik, ceria, dan
menyenangkan
b.
Bahagia, senang, ceria,
peduli, dan teguh
c.
Teguh, kuat, baik,
peduli, dan menyenangkan
d.
Teguh, tabah, ramah,
cerewet, dan peduli
e.
Periang, pemalu,
pemalas, dan cerewet
19.
Pendeskripsian watak
Toshihi dalam cerpen Potret Seorang Prajurit adalah …
a.
Melukiskan bentuk lahir
pelaku
b.
Melukiskan jalan
pikiran pelaku
c.
Reaksi pelaku terhadap
kejadian
d.
Ucapan-ucapan
pelaku/dialog
e.
Melalui pandangan pelaku
lain
20.
Syahdan
akan Permaisuri Kuripan pun ingin rasanya ia hendak berputera laki-laki yang
baik parasnya. Maka kata permaisuri, “Kakang Aji, ingin pula rasanya kita ini
peroleh anak.” Maka kata Nana, “Sungguh seperti kata Tuan Kakanda pun demikianlah
juga bila gerangan Kakang ini beroleh putera dengan pun Yyi, akan jadi ganti
pun Kakanda di dalam dunia ini, kalau-kalau kita berdua dihendaki oleh sang
yang sukma, kembali ke kayangan kita.”
Maka
kata permaisuri, “Kakang Aji marilah kita memuja pada segala Dewa-Dewa
memohonkan kalau-kalau dianugerahkan oleh Dewata mulia raja akan kita akan anak
ini.”
Nilai agama yang terkandung dalam penggalan naskah
Sastra Melayu Klasik tersebut adalah …
a.
Ingin dianugerahi
seorang anak yang cantik atau ganteng
b.
Memuja pada Dewa-Dewa
agar dianugerahi seorang anak
c.
Berkomunikasi secara
sopan terhadap suami atau istri
d.
Berdoa kepada Tuhan
agar diberikan kebahagiaan
e.
Akan kembali ke
kayangan jika anugerahi seorang anak
21.
Karakteristik naskah
karya Sastra Melayu Klasik di atas adalah …
a.
Penggunaan diksi yang
menarik sehingga tidak membosankan
b.
Pemakaian kata
penghubung yang tidak tepat pada setiap awal kalimat
c.
Penggunaan bahasa
sehari-hari sehingga mudah dimengerti
d.
Penguraian kalimatnya
secara efektif dan kosakata yang tidak tepat
e.
Pengungkapan isi hati
kepada orang lain dengan malu-malu
22.
Sejak
terjadinya bencana gempa bumi dan gelombang tsunami Aceh dan Sumatera Utara,
seringkali bencana tersebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari
masyarakat. Banyak organisasi maupun kelompok orang tak bertanggung jawab
meminta sumbangan untuk korban bencana tersebut. Mereka beroperasi di atas bus
kota, lampu merah, dan pinggir-pinggir jalan lainnya yang mengatasnamakan
Departemen Sosial. …
Kalimat persuasi penutup yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah …
a.
Departemen sosial tidak
pernah mengerahkan orang-orang untuk menghimpun dana sumbangan untuk korban
gempa bumi dan tsunami.
b.
Karena itu, masyarakat
harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut karena kami tidak pernah
meminta sumbangan dengan cara seperti itu.
c.
Masyarakat hendaknya
waspada terhadap sekelompok orang yang meminta sumbangan gempa bumi dan
gelombang tsunami di pinggir jalan.
d.
Masyarakat janganlah
percaya kepada orang-orang yang meminta sumbangan di atas bus kota, lampu
merah, dan pinggir-pinggir jalan tersebut.
e.
Dengan demikian,
hendaknya masyarakat tidak memberi sumbangan begitu saja, tetapi haru diteliti
terlebih dahulu agar tidak tertipu.
23.
Bacalah kutipan karya tulis
berikut ini!
Manusia
dalam kehidupannya tidak dapat melepaskan diri dari teknologi, baik yang
sederhana maupun yang mutakhir. Pada era modernisasi, teknologi memberikan
sumbangan yang begitu besar. Namun, banyak pula akibat buruk yang diperoleh
dari dampak teknologi. Oleh karena itu, perlu diciptakan teknologi yang
manusiawi, yaitu teknologi yang mampu mengembangkan harkat dan martabat
manusia.
Dalam
karya tulis ilmiah, uraian di atas merupakan bagian …
a.
Tujuan penulisan
b.
Landasan teori
c.
Rumusan masalah
d.
Pembatasan masalah
e.
Latar belakang masalah
24.
Perhatikan ilustrasi berikut!
Seiring dengan semakin meningkatnya minat anak lulusan SMU
melanjutkan ke perguruan tinggi tanpa disertai tempat penampungan lulusan
perguruan tinggi yang memadai, maka jauh-jauh hari para orang tua serta para
pendidik berusaha memberi bekal atau pengarahan kepada para pelajar SMA.
Kalimat
pembuka pidato pengarahan yang paling tepat untuk ilustrasi di atas adalah ….
a.
Untuk menjaga supaya begitu
lulus dari perguruan tinggi para siswa tidak hanya menjadi sarjana
pengangguran, maka pada kesempatan ini saya selaku
b.
Selamat datang kami ucapkan
atas kedatangan anak-anak pada kesempatan ini.
c.
Anak-anak sekalian, pada
kesempatan ini Bapak akan memberi pengarahan tentang perlunya pertimbangan
antara pemilihan jurusan di perguruan tinggi dengan lapangan kerja yang
memungkinkan.
d.
Acara ini kami awali dengan
pembacaan do’a.
e.
Pada kesempatan ini para siswa
disuruh berkumpul di sini bersama-sama.
25.
Bacalah teks pidato berikut dengan saksama!
Sebelum saya mengakhiri pidato yang bertajuk "Menyeimbangkan
Pendidikan Iptek dengan Agama" ini, saya ingin berpesan kepada hadirin,
yaitu kita tanamkan keyakinan kepada mereka bahwa hanya melalui pendidikan umum
dan pendidikan agama yang selaras dan seimbang, Insya Allah hidup manusia akan
selamat, bahagia, dan sejahtera di dunia dan di akhirat...
Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang
tersebut adalah....
a.
Mari kita tekankan agar generasi muda tidak hanya mengejar
pengetahuan umum saja, atau pengetahuan agama, tetapi juga hendaknya meliputi
keduanya.
b.
Mari kita tekankan agar generasi muda benar-benar mengejar
pengetahuan umum saja yang semakin tertinggal dengan bangsa lain.
c.
Mari kita mengajak generasi muda agar lebih banyak mengejar
pengetahuan umum dibandingkan pengetahuan agama.
d.
Mari kita sama-sama mengingatkan generasi muda agar mengejar
pengetahuan umum walau sampai ke negeri Cina.
e.
Mari kita tekankan kepada generasi muda agar lebih banyak mengejar
pengetahuan umum di samping pengetahuan agama sesuai dengan situasi dan
kondisi.
26.
Bacalah wacana berikut dengan
saksama!
Naiknya harga minyak dunia membuat pemerintah Indonesia dalam posisi
sulit. Jika tidak mengikuti kenaikan harga minyak dunia tersebut, yaitu dengan
menaikkan harga BBM dalam negeri, perekonomian Indonesia akan hancur.
Sebaliknya, apabila menaikkan harga BBM, masyarakat menengah ke bawah akan
mengalami kesulitan hidup. Akhirnya, pemerintah mengambil langkah berani, yaitu
menaikkan harga BBM dengan memberikan kompensasi berupa subsidi langsung kepada
masyarakat kecil.
Isi
paragraf di atas seperti diungkapkan oleh peribahasa…
a.
Malang tak boleh ditolak, mujur
tak boleh diraih.
b.
Bagaikan makan buah simalakama,
dimakan ibu mati, tidak dimakan bapak mati.
c.
Memakan hendak kentang, membeli
hendak ubi.
d.
Ingin buah manggis di hutan,
masak ranum tergantung tinggi.
e.
Mati anak berkalang bapak, mati
bapak berkalang anak.
27.
Mudah mencampuri urusan orang
lain merupakan perbuatan tidak terpuji. Dan kita akan tersisih apabila orang
lain tersebut bersanak saudara.
Peribahsa yang tepat
sesuai dengan pernyataan di atas adalah…
a.
Air sama air kelak menjadi
satu, sampah itu ke tepi juga
b.
Seperti biduk dikayuh hilir
c.
Terkatung-katung macam biduk
patah kemudi
d.
Terkusut-kusut sebagai anak
tidak diaku
e.
Kucing lalu, tikus tidak
berdecit lagi
28.
Bacalah penggalan cerpen
berikut dengan saksama!
Ibu makin jarang di rumah. Tinggal aku dan ayah yang mengurus sawah.
Terkadang ibu baru pulang setelah beberapa hari. Tetapi, kejarangan ini tidak
pernah menimbulkan rindu kami lagi. Walau adikku yang terkecil. Kami sudah
biasa. Kami pun jarang bertanya di mana ibu dan kapan pulang. Hari-hari ibu
tidak pergi, pagi ia sudah ada di pinggir jalan. Dari rumah dibawanya
segulungan goni-goni dan siangnya goni itu sudah penuh berisi beras yang
dicegatnya berdikit-dikit dari orang-orang kampung lewat. Besoknya, jika hari
pasar, beras ini dibawanya ke pasar dengan pedati sewaan. Dari pasar ibu
membawa buntalan berisi berbagai pakaian atau barang lain. Dan apabila hari
pasar dibawanyalah ke pekan terdekat. Dan jika tidak habis laku, dibawanyalah
ke luar kampung. Orang-orang kampung memang lebih suka pakaian-pakaian yang
sudah jadi, yang tebal-tebal. Dan ibu memang tahu kesukaan orang-orang kampung
ini. Dari pembelinya, beraslah yang sering diterima ibu.
(Jika Hujan Turun, J.E. Siahaan)
(Jika Hujan Turun, J.E. Siahaan)
Tema yang tersirat dari kutipan cerpen di atas adalah…
a.
Keuletan seorang ibu dalam mencari
nafkah untuk keluarganya
b.
Ibu rajin ke pasar dan ayah
rajin ke sawah
c.
Ibu berjualan dari kampung satu
ke kampung yang lain
d.
Dari pasar ibu membawa buntalan
berisi berbagai pakaian atau barang lain
e.
Pakaian dibeli dengan beras
29.
Bacalah penggalan cerpen
berikut dengan saksama!
”Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan tak
semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”. ”Itu benar, tapi jangan
melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal
kecil yang dibesar-besarkan bisa mengakibatkan kericuhan dalam kampung. Setiap
soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih
ingatkah kau pada peristiwa Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya karena soal dua
kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.”
(Gerhana, Muhammad Ali)
Nilai
moral dalam penggalan cerpen di atas adalah…
a.
Orang yang menebang pohon milik
orang lain harus dilaporkan kepada lurah.
b.
Orang yang menebang pohon milik
orang lain dapat dimasukkan ke penjara.
c.
Kerukunan kampung dapat
terganggu karena penebangan pohon pepaya.
d.
Persoalan kecil yang dibesar-besarkan
akan berakibat fatal.
e.
Dua kilo beras telah
menyebabkan dua orang bertikai.
Terbitnya buku Kraton Jogja selain menambah bacaan diharapkan juga
bisa menggugah provinsi lain untuk mengangkat simbol dan filosofi budayanya
masing-masing. Hal ini agar terdapat dialog dan transformasidi kalangan
masyarakat. Demikian dikatakan Sultan Hamengku Buwono X dalam peluncuran buku
Kraton Jogja di Gandaria Height, Jakarta, Rabu 25 Juni. Sultan menambahkan,
melalui buku dan dialog, masyarakat etnik akan saling kenal sehingga dapat
saling menghargai. Hal ini menurut Sultan Hamengku Buwono X dinilai penting
karena dewasa ini ada kecenderungan untuk melupakan hal-hal yang bernuansa
kearifan lokal. Padahal, dari kearifan lokal dapat dibangun kebersamaan sebagai
suatu bangsa.
30.
Mengapa Sultan Hamengku Buwono X menganggap penting adanya buku
dan dialog...
a.
Karena masyarakat Jogjakarta telah menerbitkan buku berjudul
Kraton Jogja.
b.
Karena buku Kraton Jogja mengangkat simbol dan filosofi budaya
masyarakat.
c.
Karena dewasa ini terdapat gejala pada masyarakat melupakan nuansa
kearifan lokal.
d.
Karena melalui buku dan dialog, masyarakat akan memahami simbol
dan filosofi budaya.
e.
Karena dengan buku dan dialog kita dapat membangun bangsa.
31.
Simpulan dari paragraf tersebut adalah....
a.
Sultan Hamengku Buwono X mengharapkan terbitnya buku Kraton Jogja
dapat mendorong provinsi lain untuk mengembangkan budayanya masing-masing.
b.
Sultan Hamengku Buwono X mengatakan bahwa melalui buku dan dialog,
masyarakat etnik Indonesia akan saling kenal dan menghargai.
c.
Sultan Hamengku Buwono X menilai bahwa pada saat ini ada
kecenderungan masyarakat untuk melupakan hal-hal yang bernuansa kearifan lokal.
d.
Sultan Hamengku Buwono X mengatakan buku Kraton Jogja dapat
mengangkat simbol dan filosofi budaya daerah-daerah lain di Indonesia.
e.
Sultan Hamengku Buwono X mengharapkan dengan peluncuran buku
Kraton Jogja terjadi kecenderungan untuk melupakan hal-hal yang bernuansa
kearifan lokal.
Syahdan, maka adalah raja di dalam negeri itu telah kembali ke
rahmatullah. Maka ia pun tiada beranak seorang jua pun. Maka segala menteri dan
hulubalangnya dan orang-orang besar dan orang-orang membicarakan, siapa juga
yang patut dijadikan raja menggantikan raja yang telah kembali ke rahmatullah
itu. Maka di dalam antara menteri yang banyak itu ada seorang menteri yang tua
daripada tuan hamba sekalian itu. Maka ia pun berkata, katanya: "Adapun
hamba ini tua daripada tuan hamba sekalian itu. Jikalau ada gerangan bicara,
mengapa segala saudaraku ini tiada hendak berkata?"
32.
Isi kutipan tersebut menceritakan tentang...
a.
Masyarakat sedang berduka atas kematian rajanya.
b.
Orang tua diberi hak berbicara dalam setiap pertemuan.
c.
Seorang raja telah meninggal dan tidak memiliki anak.
d.
Para menteri dan orang besar melakukan musyawarah pemilihan raja.
e.
Hak orang berpendapat untuk memecahkan masalah dalam suatu
musyawarah.
33.
Nilai sosial yang terdapat pada kutipan tersebut adalah....
a.
Setiap negara memiliki seorang pemimpin yang dipilih rakyat.
b.
Memberi kesempatan berbicara kepada semua yang hadir dalam
musyawarah.
c.
Kepemimpinan yang dialihkan kepada perdana menteri oleh raja yang
berkuasa.
d.
Orang tua lebih berpengalaman daripada orang muda dalam berbagai
hal.
e.
Bermusyawarah untuk memberi kesempatan berbicara kepada yang
berwenang..
34.
Amanat cerita dalam kutipan tersebut adalah...
a.
Setiap manusia pasti akan meninggal dunia, sekalipun seorang raja.
b.
Sebaiknya seorang raja memiliki keturunan agar ada yang meneruskan
kekuasaannya.
c.
Segala sesuatu harus diputuskan secara musyawarah mufakat.
d.
Dalam sebuah musyawarah hendaknya meminta pendapat semua anggota
yang hadir.
e.
Orang yang muda diberi kesempatan menyampaikan gagasannya.
(1) Agaknya budaya modern yang memusingkan otak seorang guru desa
seperti saya sudah demikian berakarnya di hati anak-anak muda kita. (2) Dan
yang lebih menakutkan sudah mulai menjalar dan menyentuh anak desa, termasuk
anak saya. (3) "Good morning Pak Marjuki, how are you hari ini?"
tanya seseorang mengagetkanku. (4) Rasa kagetku berubah jadi takjub, bingung,
dan takut. (5) Di depanku berdiri sesosok makhluk modern, mirip yang ada di
sinetron televisi. (6) Aku begitu ketakutan sampai tidak bisa mengatakan sepatah
kata pun. (7) Ternyata sulur-sulur akar modernisasi mulai menjalar ke tempatku
mengajar. (8) Damainya hutan pinus di lereng gunung yang memagari dusun kecil
ini mulai terusik oleh keganasan budaya "gaul". (9) Bahkan di depanku
korban "gaul" seolah mau menerkamku. (10) Betapa tidak, Bu Guru
Istikomah datang dengan tampang baru, rambutnya yang ikal panjang hitam indah,
kini berubah lurus bagai sapu ijuk kena percikan cat cokelat.
35.
Pembuktian watak tokoh "aku" yang pencemas dalam kutipan
tersebut terdapat pada kalimat nomor...
a.
(1), (2), dan (8)
b.
(1), (4), dan (6)
c.
(2), (6), dan (7)
d.
(4), (6), dan (9)
e.
(4), (8), dan (10)
36.
Pendeskripsian watak "aku" berdasarkan kutipan cerpen
tersebut melalui....
a.
Gambaran fisik tokoh
b.
Ucapan tokoh lain
c.
Tindakan tokoh
d.
Dialog antartokoh
e.
Uraian pengarang
37.
Sudut pandang yang digunakan oleh pengarang dalam kutipan cerpen
tersebut adalah...
a.
Orang pertama pelaku utama
b.
Orang ketiga pelaku utama
c.
Orang pertama pelaku sampingan
d.
Orang ketiga pelaku sampingan
e.
Orang ketiga serba tahu
Ceritanya hari itu tanggal 10 November, sejak pagi hujan gerimis
terus turun. Di bawah rintik-rintik hujan bapak memasang bendera, kemudian dari
teras rumah dipandanginya bendera yang mulai basah terkena air hujan. Rupanya
bapak tidak rela jika benderanya basah. Oleh karena itu, kemudian dicabutnya
tiang bendera yang terbuat dari bambu itu dan dipanggulnya menuju tempat yang
teduh. Tak lama kemudian hujan reda, dipasangnya kembali tiang itu di halaman.
Namun, ketika beberapa jam kemudian hujan turun lagi. Lantas diambilnya lagi
tiang bendera itu dan dibawa ke tempat yang teduh.
Hal itu terjadi sampai beberapa kali. Tentu saja melihat ulah
bapak seperti itu, Mas Toro calon suami Mbak Nurul tertawa. Dan hal itu membuat
kakakku malu.
Setelah makan siang dengan suara keras kakakku bercerita:
"Ibu kenal Pak Samsuri, Pakde Mas Toro? Dia juga pejuang
Angkatan '45. Dulu katanya pernah berjuang bersama bapak, tapi orangnya
sederhana ya, Bu. Tidak pernah menunjukkan kalau dirinya mantan pejuang".
Dia terus bicara seperti penyiar radio yang tanpa meminta pendapat
pendengarnya. Kami semua tahu untuk siapa cerita itu ditunjukkan dan bapak
mengerti kalau kakakku tengah menyindirnya. Dengan kalem bapak menyahut:
"Samsuri itu tentara, tapi tidak pernah ikut perang, tugasnya
di bagian logistik. Jadi tahunya, ya, makanan saja. Bilang sama Toro, pacarmu
itu kalau pakdenya tentara yang takut sama bedil!"
Mendengar omongan bapak seperti itu, Mbak Nurul sangat
tersinggung. Akibatnya dia tidak mau bicara dengan bapak sampai beberapa hari.
(Benderaku, Atfi Lailia Khusnawati)
38.
Konflik yang terdapat dalam cuplikan cerpen tersebut adalah...
a.
Perasaan marah Bapak terhadap seisi rumah.
b.
Mbak Nurul merasa sedih terhadap Bapak.
c.
Ketidakrelaan Bapak tinggal di rumah.
d.
Perasaan marah Mbak Nurul kepada Bapak
e.
Rasa penyesalan Bapak menjadi pejuang.
39.
Penyebab terjadinya konflik dalam kutipan cerpen tersebut
adalah....
a.
Bapak tidak rela jika benderanya basah karena air hujan.
b.
Mas Toro malu memiliki pakde yang takut dengan bedil.
c.
Bapak mengejek Pak Samsuri, Pakde pacar Mbak Nurul
d.
Mbak Nurul marah karena pacarnya diejek bapak.
e.
Bapak adalah pejuang Angkatan '45 yang pernah berperang.
40.
Peristiwa yang terjadi akibat konflik adalah...
a.
Bapak tetap dengan pendiriannya, sangat mencintai bendera.
b.
Mas Toro senang melihat bapak bersikap berlebihan terhadap
bendera.
c.
Ibu memaklumi sikap bapak yang sangat menghormati bendera.
d.
Mbak Nurul sangat tersinggung mendengar perkataan bapak.
e.
Mbak Nurul tidak mau berbicara dengan bapak sampai beberapa hari.
41.
(1) Sesaat kemudian Zeimu
sudah berdiri di hadapan meja manajer penjualan.
(2) Pria itu menghirup asap
rokok ketika keduanya mulai berkata-kata dalam nada yang tak kenal basa-basi.
(3) "Zeimu, dengarkan!
Seperti yang kau sendiri tahu, saat ini cukup krisis bagi perusahaan.
(4) Lebih dari sebelumnya,
saat ini kita dituntut berprestasi.
(5) Dan terus terang saja
Zeimu, setelah menelaah laporan hasil penjualanmu, saya hanya dapat berkata
bahwa kau belum berusaha sebaik mungkin, singkatnya, kau harus berusaha lebih
keras lagi".
Kalimat pembuktian latar
tempat di sebuah kantor dalam cerita pendek tersebut terdapat pada...
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
42.
Bacalah kutipan naskah drama berikut dengan saksama!
Nirmala : "Ya Allah! Di manakah Bilal dan Nurma? (tangis
Nirmala pun meledak) "Ya, Allah mengapa kau ambil kedua anakku? Mengapa
tidak aku raja!" (suasana di ruangan itu ham biru diliputi kesedihan
mendalam begitu mendengar kejadian yang sebenarnya)
Dokter Anis: "Bagaimana kejadiannya?" (setelah keadaan
agak mereda).
Sultan : "Minggu
pagi tanggal 26 Desember 2004 itu kami sekeluarga sedan makan pagi di ruang
tengah. Tiba-tiba terjadi gempa bumi cukup hebat. Kami pun berhamburan keluar
rumah. Saya menggendong Bilal sedang Dik Nirmala menggendong Nurma!"
(jelas Sultan sambil menggigit bibir karena menahan kepedihan amat dalam)
"Setelah guncangan gempa itu reda tiba-tiba dari arah pantai orang
berteriak-teriak air!... air! Ketika diterjang bah tsunami. kami pun berempat
saling berangkulan. Selanjutnya kami terseret air bersama bangunan, pohon,
mobil dan bahan-bahan lain. Dik Nurmala dan kedua anak saya menjerit-jerit
ketakutan karena timbul tenggelam dan tertimpa benda-benda yang terseret
air."
Nirmala: "Tidak lama kemudian arus air yang menyeret kami
menabrak bangunan bertingkat. Kedua anak kami terlempar entah ke mana. Saya dan
istri pingsan dan tenggelam setelah itu saya tidak ingat apa-apa lagi !"
Hanya Kebesaran dan
Rahmat-Nya,
Aku masih, Aisyah
Masalah yang diungkapkan dalam kutipan naskah drama tersebut
adalah........
a.
Seorang ibu mengalami gangguan jiwa karena depresi yang berat.
b.
Peristiwa bencana tsunami yang telah banyak menelan korban.
c.
Orang tua yang kehilangan anak dan masih berharap anaknya kembali.
d.
Orang tua yang ditinggalkan oleh kedua anaknya di tsunami Aceh.
e.
Ketakutan orang tua akan kehilangan anak-anak yang dicintainya.
43.
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Beberapa pohon tanaman hias di halaman depan rumah itu setiap hari
disiram dan pada waktu-waktu tertentu tidak terlewatkan diberi pupuk. Meskipun
daunnya tumbuh subur, tanaman itu tidak mendapat sinar matahari karena
terhalang oleh pohon-pohon kayu yang besar, yang ditanam di tepi pagar depan
rumah... Sementara itu, tanaman hias sejenis yang ditanam di samping
rumah mendapat sinar matahari dan tumbuh subur serta berbunga indah.
Kalimat yang berupa akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah...
a.
Akibatnya, tanaman hias di halaman depan rumah tidak berbunga.
b.
Akibatnya, tanaman yang berbunga indah semua ditanam di samping
rumah.
c.
Agar tanaman hias itu tumbuh subur dan berbunga perlu diberi pupuk
bunga.
d.
Jadi, pohon kayu besar di tepi jalan ditebang agar tanaman hias
mau berbunga.
e.
Akibatnya, tanaman hias hanya mau berbunga bila mendapat sinar
matahari.
44.
Cermati puisi berikut!
Dalam Kereta
Hujan menebal jendela
Semarang, Solo... makin dekat saja
Menangkap senja
Menguak purnama
...
Menjengking kereta. Menjengking jiwa
Sayatan terus ke dada
(Chairil Anwar)
Larik bermajas personifikasi yang tepat untuk melengkapi puisi
tersebut adalah...
a.
Caya menyayat mulut dan mata
b.
Engkau menahan rasa sakit
c.
Tak kuasa diri menahan tangis
d.
Sesak napas karena debu
e.
Menatap wajahmu yang cantik
45.
Ombak memecah di tepi
pantai
Angin berhembus lemah
lembut
Puncak kelapa
melambai-lambai
Di ruang angkasa awan
bergelut
Puisi di atas menggunakan gaya
bahasa …
a.
Hiperbola
b.
Personifikasi
c.
Repetisi
d.
Asosiasi
e.
Metafora
46.
Gaya bahasa paradoks
terdapat dalam larik puisi …
a.
Baru sekarang setelah
mati // aku sadar ingin bicara // memberi kesaksian. (WS. Rendra, “Kesaksian
Bapak Saijah”)
b.
Habis kikis // segala
cintaku hilang terbang. (Amir Hamzah, “Pada-Mu Jua”)
c.
Ombak berdesir // Di
tepi pantai // Suka lagu // Dicium Syamsu. (Sanusi Pane, “Ke Pantai”)
d.
Tuhanku // Dalam
termangu // Aku masih menyebut namamu. (Chairil Anwar “Doa”)
e.
Sepanjang mata biji
saga // Tajam tangannya berlancip gobang. (Ayip Rosidi, “Jante Akidam’)
47.
Racun berada di suguh
pertama
Membusuk rabu terasa di dada
Tenggelam darah dalam nanah
Malam kelam membelah
Jalan kaku kurus
Putus
Candu
Cuplikan puisi Chairil Anwar di atas menyatakan
tentang …
a.
Zaman kemerdekaan
b.
Zaman Jepang
c.
Zaman Hanura
d.
Zaman protes keadaan
politik bebas
e.
Zaman DPR jalanan
48.
Doa
Chairil
Anwar
kepada pemeluk teguh
Tuhanku
Dalam termangu
Aku masih menyebut namamu
Biar susah sungguh
Mengingat Kau penuh seluruh
CayaMu panas suci
Tinggal kerdip lilin di kelam sunyi
Tuhanku
Aku hilang bentuk
Remuk
Tuhanku
Aku mengembara di negeri asing
Tuhanku
Di pintuMu aku mengetuk
Aku tidak bisa berpaling
kepada pemeluk teguh
Tuhanku
Dalam termangu
Aku masih menyebut namamu
Biar susah sungguh
Mengingat Kau penuh seluruh
CayaMu panas suci
Tinggal kerdip lilin di kelam sunyi
Tuhanku
Aku hilang bentuk
Remuk
Tuhanku
Aku mengembara di negeri asing
Tuhanku
Di pintuMu aku mengetuk
Aku tidak bisa berpaling
Situasi yang dilukiskan penyair pada puisi di atas
adalah …
a.
Kepasrahan
b.
Ketulusan
c.
Keteguhan
d.
Ketakutan
e.
Kesepian
Cermin
Cermin tak pernah berteriak; ia pun tak pernah
Meraung, tersedan, atau terisak
Meski apa pun terjadi terbalik di dalamnya;
Barangkali ia hanya bisa bertanya:
Mengapa kau seperti kehabisan suara?
(Sapardi Djoko Damono, Sihir Hujan,1984)
49.
Makna kata cermin yang bercetak miring pada baris pertama puisi
tersebut adalah....
a.
Ketidakberdayaan seseorang
b.
Cermin untuk berkaca
c.
Mengintrospeksi diri
d.
Kenyataan di dunia
e.
Pengakuan dosa
50.
Maksud isi puisi tersebut adalah....
a.
Kehidupan ini bisa terlihat dalam cermin dihadapan kita.
b.
Perjalanan seorang di dunia yang terbalik.
c.
Dalam hati manusia ada sifat baik dan buruk.
d.
Setiap orang harus menginstrospeksi diri.
e.
Setiap manusia harus mempunyai suara hati nurani.
KUNCI JAWABAN
NO.
|
JAWABAN
|
1.
|
B. Luas hutan di Indonesia
|
2.
|
D. (2) dan (5)
|
3.
|
A. (1)
|
4.
|
D. (4)
|
5.
|
D. Manusia sebagai sumber potensi
merupakan salah satu modal dasar pembangunan.
|
6.
|
B. Bendungan
dari bantalan karet sangat bermanfaat.
|
7.
|
A. (1) dan (4)
|
8.
|
D. Argumentasi
|
9.
|
E. Jadi persentase kepemilikan MCK
penduduk desa Bungkal sudah diatas 90%.
|
10.
|
C. Penulis merasa bangga terhadap
bangsa Indonesia yang telah membantu korban gempa bumi dan gelombang tsunami
Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara tanpa dikomandoi.
|
11.
|
C. Kita tidak hanya berterima kasih kepada bangsa
asing yang memberikan bantuan, tetapi juga kepada bangsa sendiri yang telah
membantu korban.
|
12.
|
C. Bantuan warga Indonesia terhadap
bencana
|
13.
|
E. Masyarakat harus berdisiplin dalam
penggunaan air bersih karena hal ini dapat mencerminkan kestiakawanan sosial.
|
14.
|
A. Ujian nasional yang terintegrasi
dengan ujian sekolah adalah jalan tengah yang diharapkan menghentikan protes
penyelenggaraan UN tingkat SD.
|
15.
|
A. Menurut pendapat saya, kedua
tempat itu berbeda arahnya. Sebaiknya kita pilih saja satu diantaranya.
|
16.
|
C. Dari tahun ke tahun prestasi siswa
meningkat kecuali tahun 1997
|
17.
|
C. Jawa masih
memiliki luas sungai lebih kecil dibanding Maluku dan Irian Jaya
|
18.
|
A. Ramah, baik, ceria, dan
menyenangkan
|
19.
|
D. Ucapan-ucapan pelaku/dialog
|
20.
|
B. Memuja pada Dewa-Dewa agar
dianugerahi seorang anak
|
21.
|
E. Pengungkapan isi hati kepada orang lain dengan
malu-malu
|
22.
|
B. Karena itu, masyarakat harus
berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut karena kami tidak pernah meminta
sumbangan dengan cara seperti itu.
|
23.
|
E. Latar belakang masalah
|
24.
|
C. Anak-anak sekalian, pada
kesempatan ini Bapak akan memberi pengarahan tentang perlunya pertimbangan
antara pemilihan jurusan di perguruan tinggi dengan lapangan kerja yang
memungkinkan.
|
25.
|
A. Mari
kita tekankan agar generasi muda tidak hanya mengejar pengetahuan umum saja,
atau pengetahuan agama, tetapi, juga hendaknya meliputi keduanya
|
26.
|
B. Bagaikan makan buah simalakama,
dimakan ibu mati, tidak dimakan bapak mati.
|
27.
|
A. Air sama air kelak menjadi satu,
sampah itu ke tepi juga
|
28.
|
A. Keuletan seorang ibu dalam mencari
nafkah untuk keluarganya
|
29.
|
D. Persoalan kecil yang dibesar-besarkan
akan berakibat fatal.
|
30.
|
C. Karena dewasa ini
terdapat gejala pada masyarakat melupakan nuansa kearifan lokal.
|
31.
|
A. Sultan Hamengku Buwono X mengharapkan
terbitnya buku Kraton Jogja dapat mendorong provinsi lain untuk mengembangkan
budayanya masing-masing.
|
32.
|
D. Para menteri dan orang
besar melakukan musyawarah pemilihan raja.
|
33.
|
B. Memberi kesempatan
berbicara kepada semua yang hadir dalam musyawarah.
|
34.
|
C. Segala sesuatu harus
diputuskan secara musyawarah mufakat.
|
35.
|
B. (1), (4), dan (6)
|
36.
|
E. Uraian pengarang
|
37.
|
A. Orang pertama pelaku
utama
|
38.
|
D. Perasaan marah Mbak
Nurul kepada Bapak
|
39.
|
C. Bapak mengejek Pak Samsuri, Pakde pacar Mbak Nurul
|
40.
|
E. Mbak Nurul tidak mau
berbicara dengan bapak sampai beberapa hari.
|
41.
|
A. (1)
|
42.
|
D. Orang tua yang
ditinggalkan oleh kedua anaknya di tsunami Aceh.
|
43.
|
A. Akibatnya, tanaman
hias di halaman depan rumah tidak berbunga.
|
44.
|
A. Caya menyayat mulut
dan mata
|
45.
|
B. Personifikasi
|
46.
|
A. Baru sekarang setelah mati // aku
sadar ingin bicara // memberi kesaksian. (WS. Rendra, “Kesaksian Bapak
Saijah”)
|
47.
|
B. Zaman Jepang
|
48.
|
A. Kepasrahan
|
49.
|
B. Cermin untuk berkaca
|
50.
|
D. Setiap orang harus
menginstrospeksi diri.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar